Kamis, 16 Juni 2011

Etika beriklan di Aceh

Iklan merupakan media komunikasi yang dirancang sesuai dengan karakter media, segmen pasar, dan kebutuhan masyarakat sebagai usaha dalam mendapat tanggapan positif dari calon konsumen untuk menggunakan produk yang diinformasikan sehingga tercapai tujuan utama perusahaan yaitu keuntungan.
Biasanya Iklan yang dipasang tentunya tidak semuanya mendapat respon yang sama, terutama di Indonesia dengan penduduknya terdiri dari berbagai suku dan budaya. Faktor budaya merupakan hal penting untuk dipertimbangkan sebelum melancarkan kampanye besar-besaran, tujuannya agar produk yang dijual mendapat respon positif dan yang terpenting tidak sia-sia.
Aceh merupakan daerah yang memiliki keistimewaan tersendiri dalam menjalankan syariat islam secara kaffah dan menyeluruh. Syariat islam sendiri bukanlah hal yang baru di Aceh sebab sejak abad ke 12 masyarakat aceh sudah menjalankannya. Pada tahun 2009 syariat islam kembali disahkan dan diimplementasikan dengan kekuatan qanun atau peraturan daerah.

Pakar pemasaran tentunya mampu menangkap kondisi ini sebagai dasar untuk melakukan tindakan pemasaran yang tepat. Pada awal-awal diberlakukan kembali syariat Islam di Aceh, pihak perusahaan yang rutin memasang iklan beradaptasi dengan cepat terhadap kondisi segmen pasar setempat. Iklan-iklan yang dikirimkan dari jakarta keseluruh daerah Indonesia akan didesain ulang khusus untuk Aceh.
Berikut beberapa Iklan Operator selular yang di pasang di Aceh

Iklan imPATI PeDe-13 versi Nasional dibintangi Indra Bekti

Nah.. Kalau sampek di Aceh Indra Bekti pun jadi gini.

Nah yang ini Iklan XL

Luna Maya tepaksa di foto berjibab untuk iklan Aceh :D

Kiri iklan nasional dan kanan iklan di Aceh  
Yang atas itu materi Try Out untuk medan
yang bawah materi untuk Aceh





Kondisi seperti itu sebenarnya tidak hanya berlaku di Aceh saja, di Negara-negara Islam yang memberlakukan syariat Islam juga melakukan hal serupa terhadap media komunikasi visual, seperti di Arab Saudi. Poster artis Mariah Carey didesain ulang untuk dipasang di Arab Saudi.

Poster kanan dipasang di Arab Saudi setelah disensor

Poster mariah carey dipasang di Arab Saudi setelah disensor
 


Poster kanan dipasang di Arab Saudi setelah disensor

0 komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

Inilah